Artikel

HARMONI SEBUAH CINTA

HARMONI SEBUAH CINTA 
Re_Camp
@hri
 
Tersenyumlah!! Lukiskanlah senyuman indah di raut wajahmu dan bagikan kebahagiaan bagi dunia.
Peristiwa hidup kita setiap hari menyajikan banyak pengalaman berharga yang mengajak kita untuk terus belajar berbagi cinta untuk sesama manusia. Pernahkah kita berfikir tentang bagaimana caranya dan apakah keuntungannya bagi kita jika kita membagikan cinta kita untuk sesama? Sekarang mari kita melihat satu per satu.
Belajar berbagi cinta.

Dalam kehidupan ini, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membagikan cinta kita bagi semua orang yang ada di sekeliling kita. Salah satunya ialah dengan tersenyum. Percayakan anda bahwa dengan tersenyum, cinta itu dengan mudahnya dapat tersalur kepada setiap orang yang menerima senyuman dari kita. Bukan hanya mereka saja yang menerima cinta itu, secara tidak sadar dan tidak langsung senyuman yang kita bagikan kepada orang lain dapat menjadikan jiwa kita juga penuh dengan cinta. Jiwa yang penuh dengan cinta pasti akan membawa kebahagiaan dalam hidup.
Coba kita lihat pengalaman hidup kita, apakah kita pernah mengalami peristiwa ini dalam hidup kita? Saat kita mengalami percekcokan, pertengkaran, dan permusuhan dengan teman, saudara, dan orangtua kita, pasti ada rasa bersalah, rasa tidak enak untuk berbicara, ataupun untuk meminta maaf. Pasti kita bingung memikirkan bagaimana cara untuk memperbaiki hubungan kita dengan mereka.
Seiring berjalannya waktu dan disertai dengan perasaan campur aduk dalam hati kita, tiba-tiba hubungan kita dengan mereka dapat kembali membaik, seperti tidak ada sesuatu yang terjadi sebelumnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tak lain dan tak bukan ini semua terjadi karena diawali dengan sebuah senyuman. Senyuman indah yang terlukis dalam wajah kita memberikan cinta yang berakhir pada kebahagiaan dan kedamaian.
Keuntungan berbagi cinta.
Sebelum melakukan segala sesuatu dalam hidup kita, kita pasti memikirkan atau mempertimbangkan alasan yang tepat mengapa kita melakukannya. Salah satu alasan yang menjadi pertimbangan ialah: apakah kegiatan yang saya lakukan memiliki nilai dan makna yang berarti bagi hidup saya? Atau hanya sebatas tindakan nyata yang tidak memiliki makna eksplisit bagi hidup saya.
Aristoteles berkata: “Nilai adalah sesuatu yang menguntungkan yang kita dekati dan kita ambil dan sesuatu yang merugikan yang kita jauhi dan kita buang.” Berbagi cinta merupakan sebuah tindakan nyata yang memiliki nilai yang cukup berarti dalam hidup kita. Dengan berbagi cinta yang terwujud dalam senyum, sapa, dan salam, kita dapat menciptakan sebuah harmoni dalam kehidupan. Seperti sebuah lagu, jika salah satu unsur dalam lagu itu hilang maka akan menciptakan sebuah nada yang sumbang dan tidak enak didengar. Begitu pula dengan tindakan senyum, sapa, dan salam. Apabila salah satu dari ketiganya hilang akan memberikan sebuah kehampaan dalam harmoni hidup kita. Inilah keuntungan yang tercipta bagi kita. Jika semuanya telah menjadi kebiasaan yang membudaya dalam hidup kita, maka hidup kita akan penuh dengan harmoni.
Nah, inilah sekelumit hal yang membantu kita untuk belajar berbagi cinta. Semuanya itu membutuhkan proses dalam hidup kita, nyatanya masih banyak di antara kita orang-orang yang sulit untuk tersenyum, menyapa, dan memberikan salam bagi orang yang berada di sekelilingnya. Hal sederhana ini seringkali kita anggap mudah padahal dalam pelaksanaannya membutuhkan niat dan keterbukaan yang total untuk menerima setiap orang yag berada di sekeliling kita.
Zaman ini kehidupan kita selalu disibukkan dengan banyak aktivitas yang terkadang membuat kita terkurung dalam kehampaan jiwa. Maka semuanya itu harus diimbangi dengan berbagi cinta, agar terciptalah harmoni yang indah dalam hidup kita. Zaman boleh serba instan, tapi untuk menciptakan hidup yang bahagia, bukan hanya kepenuhan material saja melainkan juga dengan membangun dan menciptakan kebahagiaan itu dalam hubungan kita dengan setiap orang yang ada di sekeliling kita.